5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Memiliki bekas luka pada area terbuka di tubuh, tentunya akan sangat mengganggu anda dan mengurangi kepercayaan diri anda. Bekas luka bisa ada karena kecelakaan, terkena pisau, terbakar, cacar, alergi dan lainnya. Bekas luka bisa dihilangkan dengan menggunakan obat-obatan atau menggunakan laser dan operasi plastik. Tentunya akan memusingkan anda karena membutuhkan biaya lebih, selain itu melakukan operasi plastik dan laser juga tidak aman dan beresiko.


tips menghilangkan bekas luka

Namun, Anda tidak perlu pusing memikirkannya karena bekas luka bisa anda hilangkan secara alami dengan menggunakan bahan- bahan alami dari buah-buahan dan tumbuhan serta bahan yang mudah ditemukan disekitar anda. Anda bisa menghindari mengkonsumsi obat-obatan atau bahkan menggunakan laser dan operasi plastik yang mahal. Selain menghemat biaya, menghilangkan bekas luka secara alami juga lebih praktis dan aman.

Berikut ini Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami;

1. Menggunakan Lidah Buaya

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Aloe Vera (nama latin lidah buaya) adalah tumbuhan yang memiliki manfaat sebagai penyubur rambut, pelembut kulit, dan penyembuh luka. Mengapa lidah buaya mampu menyembuhkan luka? , karena lidah buaya memiliki khasiat membantu proses regenerasi sel dan juga anti bakteri. Cara menggunakannya olehkan lendir lidah buaya dengan menghindari jatuhnya getah karena akan menimbulkan rasa gatal pada kulit. Gunakan secara rutin hingga bekas luka menghilang.

2. Memanfaatkan Madu

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit karena madu mengandung anti mikroba yang dapat menyembuhkan luka. Namun kemudian diketahui bahwa madu juga mampu menghilangkan bekas lika jika digunakan sedikit lebih lama. Akan tetapi dianjurkan untuk menggunakan madu asli tanpa campuran yang lainnya. Oleskan madu pada bekas luka anda selama 20-30 menit kemudian bilas menggunakan air hangat secara teratur. Anda juga bisa mencampurkan madu dengan putih telur untuk menghilangkan bekas luka pada wajah anda. Selain merasakan keuntungan hilangnya bekas luka, anda juga dapat memperoleh manfaat kulit kencang sekaligus.

3. Menghilangkan bekas Luka dengan Mentimun

Salah satu buah yang mudah anda temukan dan kaya akan khasiat adalah mentimun. Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika, sehingga membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Dengan kandungan yang dimiliki inilah para pakar akhirnya menemukan bahwa mentimun bisa menghilang bekas luka. Cara penggunaannya adalah haluskan mentimun kemudian oleskan pada bekas luka, gunakan sebelum tidur dan biarkan hingga pagi. Gunakan secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 4. Menggunakan Teh

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah menggunakan teh, namun teh yang digunakan adalah teh hijau. Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dipercaya sangat baik bagi kesehatan kulit. Menggunakan teh hijau adalah yang paling mudah, anda hanya perlu menggunakan ampas teh hijau. Tutupi bekas luka dengan ampas teh hijau, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, anda hanya perlu membilasnya dengan bersih

5. Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea). Minyak zaitun kaya akan manfaat bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol). Minyak zaitun banyak digunakan sebagai salah satu bahan dalam perawatan kulit, baik itu dalam sabun, kosmetik, obat herbal dan lainnya. Maka tak heran jika minyak zaitun juga bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka. Anda hanya perlu mengoleskannya pada permukaan bekas luka anda sesering mungkin agar pemudaran luka cepat berlangsung.

Keberhasilan pengobatan secara alami ini tergantung pada jenis bekas luka, apa itu dalam atau tidak. Bekas luka yang cepat pulih menggunakan bahan alami adalah bekas luka yang baru terjadi dan masih basah. Bekas luka yang telah lama dan membentuk keloid akan sulit untuk ditangani. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit anda, jika anda memiliki potensi alergi sebelum mencoba pengobatan secara alami.

Demikian 5 Cara mengatasai bekas luka secara alami, semoga dapat bermanfaat bagi anda serta orang disekitar anda, silahkan bagikan. Terima kasih.