7 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Pepaya merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah yang tropis, jadi tidak heran kalau buah pepaya banyak kita temukan di indonesia. Karena mudah ditemukan dan relatif murah, jangan berpikir buah pepaya tidak memiliki banyak manfaat. Buah pepaya kaya akan nutrisi diantaranya yaitu Vitamin A, Vitamin B komplek, Vitamin C, Niacin, Kalsium, Riboflavin, Kalori, Zat Besi, Fosfor, Kalium, Karbohidrat, Lemak, dan protein. Karena kaya nutrisi inilah pepaya memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan.

manfaat pepaya bagi kesehatan

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan:

1. Mencegah Kanker Usus Besar

Kanker Usus besar merupakan kanker yang umum terjadi karena penumpukan tinja yang terjadi karena sembelit yang terlalu lama. Buah pepaya mengandung serat yang cukup tinggi sehingga mampu melancarkan sembelit. Dengan mengkonsumsi pepaya, sembelit teratasi dan bisa mencegah kanker usus besar.

2. Menyehatkan Kulit

Mengonsumsi pepaya dapat melembabkan kulit dan mencegah kulit menjadi kusam. Selain itu, pepaya juga bisa kita manfaatkan untuk melembutkan dan membersihkan kulit wajah. Gosokkan bagian dalam pepaya ke wajah selama 1 menit kemudian bilas, kamu bisa merasakan langsung manfaatnya.

3. Menjaga Sistem Imunitas

Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin c sehingga membantu tubuh menjaga sistem kekebalan tubuh (imunitas). Sehingga dapat mencegah serangan penyakit seperti alergi, flu, batuk dan pilek.

4. Mempertajam penglihatan

Vitamin A yang terkandung dalam buah pepaya membantu kita menjaga kesehatan mata, terutama bagi kita yang kegiatan sehari-hari menatap layar komputer. Konsumsi pepaya secara teratur setiap hari agar penglihatan kamu tetap baik.

5. Mencegah serangan jantung

Serangan jantung terjadi karena tekanan darah dan kolestor yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit terjadinya serangan jantung.

6. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah penyebab utama dari penuaan dini yang akan membuat seseorang mengalami gangguan penglihatan, monopouse dini, kulit kering, flek, gangguan jantung dan lainnya. Pepaya mengandung antioksidan yang tinggi yang membantu untuk menangkal radikal bebas.

7. Diet

Pepaya bisa digunakan sebagai bahan makanan untuk diet anda. Buah pepaya kaya akan serat dan air sehingga akan membuat perut kenyang dalam waktu yang lama. Vitamin C yang terkandung dalam pepaya juga bisa membantu kamu dalam beraktifitas saat sedang diet, karena menghasilkan banyak energi.

Demikian beberapa manfaat dari buah pepaya. Silahkan dicoba.