Fakta Mengenai Stres, Ketahui Sisi Positifnya

Stres adalah fakta alam di mana keadaan dari dalam atau luar dunia itu mempengaruhi diri kita. Dalam kehidupan modern kita saat ini, kita biasanya berpikir tentang stres sebagai pengalaman negatif, tetapi dari sudut pandang biologis, stres dapat menjadi suatu hal yang netral, antara suatu pengalaman negatif atau pengalaman yang positif.


Fakta Mengenai Stres, Ketahui Sisi Positifnya
 
Secara umum, stres berhubungan dengan kedua faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal meliputi lingkungan fisik, termasuk pekerjaan Anda, hubungan Anda dengan orang lain, rumah Anda, dan semua situasi, tantangan, kesulitan, dan harapan Anda dihadapkan dengan setiap hari. Faktor internal menentukan kemampuan tubuh Anda untuk merespon, dan menangani, faktor stres-merangsang eksternal.  

Faktor internal yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk menangani stres termasuk status gizi, tingkat kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan, kesejahteraan emosional, dan jumlah tidur dan istirahat yang Anda dapatkan.Stres telah mendorong perubahan evolusioner (pengembangan dan seleksi alam spesies dari waktu ke waktu).  

Dengan demikian, spesies yang disesuaikan terbaik untuk penyebab stres (stressor) telah bertahan dan berkembang menjadi tanaman dan hewan kerajaan sekarang kita amati.

Berikut adalah beberapa fakta mengenai stres :
  • Stres merupakan hal normal dalam kehidupan kita, stres akan membantu kita belajar dan tumbuh dalam menghadapi masalah. 
  • Stres menghasilkan zat kimia dan homon dari tubuh kita sehinga membuat diri kita melakukan suatu tindakan dalam mengatasinya atau malah melarikan diri.
  • Stres harus dihadapi karena jika kita membiarkan saja akan memperburuk kondisi kesehatan kita. Stres yang berkepanjangan, tanpa sebab yang jelas dan tidak mengatasinya adalah hal yang paling merusak tubuh kita. 
  • Stres dapat kita kendalikan dengan mencari dukungan dari orang yang dicintai, olahraga teratur, meditasi atau teknik relakasasi lainnya, pengaturan waktu yang tepat, dan belajar mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam kehidupan kita.
  • Ada beberapa hal yang malah meningkatkan stres yang kita miliki yaitu memilih mengkonsumsi obat-obatan , obat nyeri, alkohol, merokok dan makan. Hal ini malah akan memperburuk stres dan malah membuat kita lebih sensitif. 
  • Meskipun ada yang menjanjikan pengobatan stres,keberhasilannya tetaplah  tergantung pada kemampuan dan kemauan kita sendiri untuk membuat perubahan dalam kehidupan kita.

Maka, tidak selamanya kondisi stres akan memperburuk keadaanmu dan berpikir akan membawamu ke bangsal Rumah Sakit Jiwa. Tapi stres bisa membuatmu bertahan dari berbagai masalah dengan cara menghadapinya. Maka, jangan biasakan dirimu lari dari suatu masalah tetapi selesaikan meskipun itu akan sulit dan pahit. Jadikan masalah yang ada sebagai motivasi untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi.