6 Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Bagian tubuh yang menjadi prioritas utama setiap orang adalah wajah. Banyak orang melakukan perawatan wajah untuk menghindari memiliki kulit kusam dan kering. Tentunya yang diinginkan adalah kulit wajah yang bersih, bebas dari kusam dan tidak kering. Namun, Menurut dokter spesialis kulit bahwa mayoritas orang pernah merasakan memiliki kulit wajah yang kering. Berikut ini akan dipaparkan penyebab serta cara mengatasi kulit wajah yang kering.


 
Penyebab Kulit Wajah Kering

1. Berada di ruang AC terlalu lama

Penggunaan AC menyebabkan kelembapan di ruangan menjadi berkurang, termasuk kelembapan kulit. Kulit menjadi kurang berminyak padahal minyak dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembapan kulit.
Penggunaan sabun dan kosmetik yang tidak tepat

Menggunakan sabun yang kandungannya keras membuat minyak pada kulit terbuang, sehingga kulit menjadi kering. Selain itu, kosmetik yang berbahan kimia tinggi juga bisa mengacaukan kelembapan pada kulit wajah.
Gaya hidup yang tidak sehat

Selain faktor genetik, kulit kering juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan air dalam tubuh. Pola hidup tidak baik lainnya yaitu rokok, stres dan diet yang berlebihan. Rokok membuat kulit wajah menjadi kusam serta kotor. Stres dan diet yang berlebihan selain memicu keringnya kulit wajah juga bisa menyebabkan penuaan dini pada wajah.

Beberapa penyebab diatas adalah hal yang biasa terjadi pada kebanyakan orang. Untuk itu, kebiasaan yang baik juga akan memberikan hal yang baik pada diri kita. Cara untuk mengatasi kulit wajah yang kering selain dengan memberikan perawatan rutin dari salon kecantikan yaitu :

2. Minum air putih

Asupan air yang cukup bagi tubuh adalah cara untuk menghindari dehidrasi. Karena jika mengalami dehidrasi tentunya akan membuat kulit wajah jadi kering. Untuk itu, biasakanlah mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari.

3. Menghindari mandi air hangat

Mandi air hangat dipercaya bisa menyegarkan tubuh dan membuat pikiran lebih rileks. Namun, jika terlalu sering dilakukan akan membuat kulit wajah menjadi kering.

4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan adalah bahan makanan yang memberikan banyak nutrisi bagi tubuh terutama bagi kulit. Nutrisi yang cukup tentunya akan membantu kita menjaga kelembapan kulit wajah hingga bebas dari kering dan kusam.

5. Menggosokkan wajah dengan ampas kelapa

Ampas kelapa ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kulit wajah karena memiliki minyak yang dibutuhkan oleh kulit wajah. Caranya adalah gosokkan ampas kelapa ke wajah secara perlahan, biarkan selama 15 menit kemudian cuci hingga bersih. Gunakanlah secara teratur dua kali sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

6. Menggunakan masker alpukat

Alpukat memilliki kandungan yang baik bagi kulit. Gunakan masker alpukat beberapa kali maka akan terlihat wajah lebih lembab dan tidak kering. Pembuatan masker alpukat sangatlah mudah, haluskan alpukat kemudian tambahkan 1 sendok makan madu. Kemudian oleskan keseluruh wajah secara merata kemudian tunggu hingga mengering lebih kurang sekitar 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

7. Memakai masker wortel

Buah-buahan lainnya yang berkhasiat mengatasi kulit wajah yang kering adakah wortel. Blender hingga halus wortel yang telah dibersihkan kemudian aduk dengan menambahkan madu 1 sendok teh. Ratakan ke seluruh wajah dan tunggu hingga mengering selanjutnya bilas dengan air dingin. Gunakanlah secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Demikian pembahasan mengenai penyebab kulit wajah yang kering dan cara mengatasinya kami bagikan. Untuk itu kami harap teman-teman juga membagikan kepada yang lainnya. Terima kasih